Humas IAIN Parepare – Tim Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) IAIN Parepare menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Asesmen RPL untuk Penerimaan Mahasiswa Semester Ganjil Tahun Akademik 2025/2026. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Asesmen Lapangan Akreditasi LPM Lantai 2 dan dihadiri oleh Wakil Rektor I, Ketua LPM, Tim Admisi, serta Tim TIPD.
Rapat ini membahas berbagai persiapan teknis dan prosedural terkait pelaksanaan asesmen RPL, termasuk verifikasi dokumen dan penyesuaian jadwal agar proses penerimaan mahasiswa jalur RPL berjalan lancar.
Wakil Rektor I IAIN Parepare, Dr. H. Saepudin, M.Pd dalam sambutannya menekankan pentingnya sinergi antara LPM, Tim Admisi, TIPD serta Tim panitia untuk memastikan layanan akademik berbasis RPL mampu memberikan akses pendidikan yang inklusif serta meningkatkan kualitas penerimaan mahasiswa baru.
"Tahun ini semakin banyak peminat RPL, ini tentu perlu persiapan yang lebih baik mulai tahapan pendaftaran sampai proses validasinya", ungkapnya.
Adapun hasil rapat menghasilkan beberapa kesepakatan penting. Pertama, pelibatan program studi dalam proses asesmen dokumen untuk memastikan validitas berkas calon mahasiswa RPL. Kedua, akan dilaksanakan wawancara Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan mempertimbangkan penghasilan calon mahasiswa sebagai dasar penentuan besaran UKT. Ketiga, asesmen RPL akan dilaksanakan selama dua hari pada 11–12 Agustus 2025 di LPM yang meliputi kegiatan wawancara dan asesmen dokumen.
Selain itu, rapat juga menyepakati penyusunan usulan SK Tim Penguji/Asesor RPL dan penjadwalan penyamaan persepsi bagi para asesor yang akan dilaksanakan secara daring pada Jumat mendatang. Kesepakatan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam menegakkan prosedur asesmen yang transparan dan berkualitas, serta mendukung pelaksanaan RPL yang efektif di lingkungan IAIN Parepare (Mhy/Mif).